3 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Memasang Solar Panel di Rumah

Meningkatnya kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menggunakan sumber energi alternatif untuk menghasilkan listrik, membuat solar panel mulai banyak dilirik oleh pengguna rumah tangga. Jika anda tertarik untuk mengaplikasikannya di rumah, pastikan anda memperhatikan beberapa hal berikut terlebih dahulu.

Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Pemasangan Panel Surya

Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Memasang Solar Panel
  1. Pilih Lokasi Pemasangan yang Tepat

Sebelum melakukan instalasi panel surya di rumah, penting bagi anda untuk menentukan lokasi yang tepat sebagai tempat pemasangan panel surya. Dimana lokasi yang tepat ini perlu mempertimbangkan arah dari datangnya sinar matahari. Karena jika panel surya yang anda miliki terhalang oleh objek tertentu seperti pepohonan atau bangunan, maka alat ini tidak bisa mendapat sumber energi.

Maka dari itu, sebaiknya anda menghindari area yang terhalang bangunan bangunan tinggi maupun pepohonan. Untuk kebutuhan rumah tangga, biasanya panel surya atap adalah yang menjadi favorit. Sebab atap rumah bisa mendapatkan paparan sinar matahari secara langsung. Sudut kemiringannya juga cukup bagus dalam menangkap sinar matahari.

  1. Luas Ketersediaan Lahan dan Besar Daya yang Bisa Ditampung

Selain memilih lokasi yang tepat untuk pemasangan solar panel, anda juga harus memperhatikan luas ketersediaan lahannya. Apakah lahan yang tersedia mencukupi atau tidak solar cell dengan besar daya tertentu. Karena berapa besar daya yang mampu ditampung oleh panel surya akan mempengaruhi efisiensi penggunaannya.

Pasalnya, apabila kapasitas penggunaan listrik anda ternyata jauh lebih besar bila dibandingkan dengan daya tampung dari panel surya tersebut. Maka panel surya tentu tidak bisa bekerja maksimal apabila anda hanya mengandalkannya untuk menghasilkan listrik. Justru ini bisa saja membahayakan keselamatan para penghuni rumah, akibat terjadinya over capacity pada panel surya.

Over capacity bahkan bisa menciptakan berbagai risiko fatal lainnya. Oleh karena itu, besar dan kecilnya daya tampung yang dimiliki solar cell tersebut, anda wajib untuk memperhatikan luas area atau ketersedian lahannya. Selain itu, anda bisa mengkombinasikan penggunaan panel surya dengan listrik PLN, untuk mencegah over capacity.

  1. Selaraskan dengan Kebutuhan serta Keuangan

Pemasangan solar panel harus diselaraskan dengan kebutuhan dan kondisi keuangan setiap rumah tangga terlebih dahulu. Karena berapapun atau atas alasan apapun anda menggunakan panel listrik, sudah pasti akan ada biaya yang perlu dibayarkan di awal pemasangan. Dimana biayanya ini tergantung kebutuhan dan tujuan pemasangan anda.

Jadi pastikan anda menyesuaikan hal tersebut dengan kebutuhan dan keuangan. Apakah panel surya ini nantinya akan dipasang untuk menggantikan pasokan listrik utama, atau hanya sebagai penambah daya listrik saja. Hal ini tentunya juga perlu diselaraskan dengan aspek yang telah dijabarkan pada poin sebelumnya.

Memilih panel surya memang tidak boleh sembarangan, mengingat bahwa pemasangannya adalah untuk tujuan jangka panjang. Maka dari itu, sebaiknya anda memilih perangkat panel listrik berkualitas terbaik seperti yang disediakan SUN Energy. Terlebih penyedia solar cell satu ini menawarkan sistem pembayaran yang beragam sehingga akan lebih memudahkan anda.

Tags: