Seberapa Penting Kabel Mic yang Bagus dan Berkualitas?

Seringkali kabel dianggap sebagai komponen yang tidak terlalu penting di dalam perangkat sound system. Padahal, kabel memiliki peran penting dalam sound system karena berfungsi untuk mengalirkan sinyal audio. Pemilihan kabel mic yang sembarangan pun juga akan membawa dampak yang kurang bagus untuk audio yang dikeluarkan. Berikut pentingnya memilih kabel yang bagus.

Seberapa Penting Kabel Mic yang Bagus dan Berkualitas

Peran Kabel Mikrofon di dalam Sound System

Saat ini memang sudah banyak sekali mikrofon wireless atau tanpa kabel. Namun, mikrofon dengan kabel juga masih eksis dan digunakan untuk berbagai keperluan. Selain itu, mikrofon dengan kabel dinilai memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan mikrofon wireless. Artinya, penggunaan kabel untuk mikrofon masih sangat perlu untuk diperhatikan dengan baik.

Kabel mikrofon yang digunakan akan berpengaruh terhadap sinyal suara yang dihasilkan. Apabila kabel yang digunakan memiliki kualitas buruk, tentu saja suara yang dikeluarkan oleh mikrofon juga tidak akan bagus. Bahkan, terlepas dari seberapa bagus kualitas mixer, amplifier, dan perangkat lainnya. Di sinilah peran penting dari kabel mikrofon di dalam sound system.

Oleh sebab itu, pemilihan kabel mic juga tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Terlebih jika kabel tersebut digunakan untuk sebuah kegiatan yang penting dan membutuhkan hasil audio yang bagus. Dalam hal ini, mengetahui tipe kabel yang bagus sangat penting untuk anda agar tidak salah pilih kabel mikrofon.

Bagaimana Cara Memilih Kabel Mikrofon yang Bagus?

Untuk mendapatkan kabel mikrofon yang bagus, sebaiknya anda tidak terlalu menghemat budget. Meski begitu, harga kabel yang mahal juga belum tentu memiliki kualitas yang sepadan. Dengan begitu, anda pun harus teliti dalam memilih kabel yang cocok dan berkualitas.

Umumnya, kabel yang digunakan di dalam sound system adalah kabel serabut. Kabel serabut adalah kabel yang di dalamnya terdapat banyak helai kawat tipis dan disusun menjadi satu inti. Kabel audio pun dibedakan berdasarkan beberapa hal, seperti ukuran kawat, konstruksi fisik material, dan diameternya.

Ciri-Ciri Kabel Mikrofon yang Bagus

Konstruksi fisik material tersebut akan memberikan pengaruh terhadap induktansi, kapasitansi, fleksibilitas, ketahanan, nilai hambatan, dan lain-lain. Kemudian, kabel dengan konektor yang baik adalah konektor yang dibuat dengan nilai kontak resistansi yang sedikit untuk menjaga supaya kabel mic tersebut tetap terkoneksi dengan baik.

Semakin banyak kawat tipis yang ada di dalam kabel, maka kabel tersebut juga akan semakin lentur, sehingga dapat mencegah kawat yang terputus. Dari segi material, kabel dibuat dengan material tembaga murni, aluminium, dan perunggu yang masing-masing memiliki keunggulan.

Memilih kabel mikrofon tidak boleh sembarangan karena akan sangat berpengaruh terhadap hasil audionya. Anda harus mengecek dengan teliti spesifikasi dari kabel tersebut agar tidak salah pilih kabel alakadarnya. Untuk mendapatkan kabel mikrofon yang bagus dan berkualitas, anda bisa membeli di Goshen Swara Indonesia.